Wapres hadiri peluncuran uang pecahan baru

Wakil Presiden Boediono menghadiri peluncuran uang logam baru bernilai Rp 1.000 dan pecahan kertas Rp 10 ribu disain baru. Peluncuran uang baru dilakukan di Kantor Bank Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Selasa (20/7/2010) petang.

Untuk uang pecahan Rp 1.000 yang baru, selain berbentuk koin yang terbuat dari alumunium, di bagian belakang juga terdapat gambar kesenian angklung. Sebelumnya, pecahan Rp 1.000 juga sempat berbentuk koin dengan warna percampuran emas dan perak. Tapi, kini semua terbuat dari alumunium.

Sementara pecahan Rp 10 ribu yang lama hampir mirip dengan pecahan Rp 100 ribu lantaran warnanya sama-sama ungu kemerahan. Namun, kini pecahan Rp 10 ribu berwarna ungu kebiruan. Menurut Direktur Direktorat Perencanaan Strategis dan Humas BI Dyah Makhijani, perubahan ini bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi elemen desain atau up-grading, terutama pada warna dominan.

Dengan keluarnya kedua pecahan uang baru itu, maka pecahan lama ditarik dari peredaran. Tetapi, "Uang kertas pecahan Rp 10 ribu desain lama masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran sah sebelum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh BI," kata Dyah

Source : Liputan6.com

0 comments:

Post a Comment