Membuat Template pada Autodesk Inventor Professional 11

INTRODUCTION
Untuk bisa membuat template, anda sebelumnya harus mengerti apa itu drawing template. Drawing template adalah salah satu bagian penting pada drawing yang kita buat dimana kita akan menempatkan judul/nama drawing, tanggal pembuatan, tanggal revisi, items revisi, disposisi aproval, dan lain sebagainya.
Pada tutorial ini akan dibahas bagaimana cara membuat template tersebut yang terbagi menjadi 2 bagian, yaitu pertama adalah cara membuat Border dan kedua adalah cara membuat Title Blocks.
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat.

BORDER
Buat dokumen baru dengan meng-klik tombol New pada toolbar atau dari menu, pilih File - New, bisa juga dengan menekan tombol Ctrl+N.





Lalu muncul dialog box seperti gambar dibawah, dan klik ikon standard drawing yang ingin dipakai sebagai basic (yang ber-ekstension .idw).



Sebagai contoh klik pada ikon ISO.idw. Setelah lembar kerja muncul, delete Default Border dan ISO pada Sheet:1 dengan cara meng-klik keduanya menggunakan tombol Ctrl kemudian klik kanan dan pilih Delete. Hal ini dimaksudkan untuk membersihkan area kerja yang akan dibuat Border dan Title Block baru.



Setelah itu expand folder Drawing Resources lalu klik Borders dan pilih New Define Border.


Barulah kita bisa membuat border sesuai dengan yang kita inginkan menggunakan toolbar yang tersedia pada Drawing Sketch Panel.


Setelah kita membuat border, kemudian klik tombol Return.


Kemudian akan muncul dialog box yang meminta kita untuk memasukkan nama baru untuk border yang telah kita buat tadi.


Setelah kita ketik nama untuk border yang baru kita buat, lalu klik tombol Save.
Secara otomatis, border yang telah kita buat tadi akan ditambahkan pada folder Borders. Untuk meng-insertnya ke dalam halaman Sheet:1 bisa kita lakukan dengan cara meng-klik kanan nama border yang akan kita insert lalu pilih Insert.





TITLE BLOCKS
Setelah kita bisa membuat border baru, selanjutnya kita akan mencoba membuat Title Block baru. Caranya adalah sebagai berikut :


Klik kanan folder Title Blocks lalu pilih Define New Title Block. Selanjutnya anda bisa memulai membuat kolom-kolom / baris dengan tata letak sesuai yang anda inginkan menggunakan tools-tools yang ada pada Drawing Sketch Panel. Sebagai contoh lihat gambar dibawah.


Setelah kolom-kolom / baris selesai kita buat, sekarang tinggal kita buat keterangan / nama dari tiap-tiap kolom tersebut. Pertama kita buat text dengan memakai text tool yang terdapat pada Drawing Sketch Panel atau dengan menekan tombol "T" pada keyboard. Lalu kita pilih kolom yang akan kita isi dengan text tersebut. Sebagai contoh lihat gambar dibawah.

Setelah kita pick, maka akan muncul dialog box seperti gambar dibawah.



..to be Continued (file under construction).

3 comments: